Pengangkatan Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI Disetujui Komisi I DPR RI

- Sabtu, 3 Desember 2022 | 06:11 WIB
Laksamana Yudo Margono (Foto: Puspenal)
Laksamana Yudo Margono (Foto: Puspenal)

KABAR PRIORITAS - Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) menyetujui pengangkatan Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa yang berakhir jabatannya pada 21 Desember 2022.

Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Viada Hafid, menjelaskan seluruh fraksi menyatakan setuju pengangkatan Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI, sehingga dalam rapat internal Komisi I DPR tidak dilakukan pemungutan suara atau "voting".

Menurut Meutya, persetujuan tersebut dilakukan setelah Komisi I DPR melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap Laksamana Yudo yang berlangsung selama tiga jam.

Baca Juga: Mantan Menteri ATR/BPN Ferry Mursyidan Baldan Wafat

"Saat sesi pendalaman, beliau (Laksamana Yudo) menjawab pertanyaan dari sembilan fraksi. Lalu kami melakukan rapat internal Komisi I DPR," ujarnya di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat 2 Desember 2022.

Meutya mengatakan dalam Rapat Internal Komisi I DPR juga menyetujui pemberhentian Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI. Selain itu, Komisi I DPR juga mengapresiasi atas dedikasi Jenderal Andika karena telah memajukan institusi TNI.

Dalam Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono berjanji akan mengerahkan semua daya dan upayanya agar tidak ada oknum TNI yang melakukan tindakan tak terpuji dan bersikap arogan menyakiti rakyat.

"Apabila nanti saya mendapat kepercayaan jadi Panglima TNI, maka saya akan kerahkan daya dan upaya agar tidak ada oknum TNI bertindak tidak terpuji dan arogan yang menyakiti rakyat," kata Yudo. 

Baca Juga: Kiriman Air Bersih Pengungsi Gempa Bumi Cianjur Lancar

Halaman:

Editor: Ali Ibrohim

Sumber: infopublik.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Elon Musk Sebut Masa Depan RI Cerah Berdampak Positif

Kamis, 17 November 2022 | 21:33 WIB
X