• Sabtu, 25 Juni 2022

Tak Hanya Cuti 6 bulan, Legislator Nilai Dukungan terhadap Ibu Lebih Krusial

- Selasa, 21 Juni 2022 | 21:48 WIB
Anggota Komisi IX DPR RI Kurniasih Mufidayati (Foto: Jaka/nvl)
Anggota Komisi IX DPR RI Kurniasih Mufidayati (Foto: Jaka/nvl)

KABAR PRIORITAS - Usulan cuti melahirkan 6 bulan kepada ibu yang dituangkan dalam RUU Kesejahteraan Ibu dan Anak (RUU KIA) belakangan ini menjadi buah bibir di masyarakat.

Menanggapi cuti melahirkan 6 bulan itu, Anggota Komisi IX DPR RI Kurniasih Mufidayati menilai ada hal lainnya yang dinilai lebih krusial untuk dituangkan dalam RUU Kesejahteraan Ibu dan Anak tersebut, yakni dukungan terhadap ibu-ibu.

“Jadi bukan hanya soal cuti melahirkan 6 bulan, dukungan terhadap ibu juga harus dilakukan antara lain dengan memberikan ruang laktasi dan menciptakan lingkungan yang mendukung para ibu dengan dilibatkannya para ayah dalam proses pengasuhan dan tumbuh kembang anak,” kata Mufida kepada dalam keterangan pers yang diterima Parlementaria dikutip Kabar Prioritas.

Baca Juga: Antisipasi Ancaman Krisis Pangan, Presiden Minta Jajaran Fokuskan Tiga Hal

RUU Kesejahteraan Ibu dan Anak diketahui sudah disetujui untuk dilanjutkan ke tahapan berikutnya setelah pembahasan di Badan Legislasi DPR RI.

Meski demikian, dirinya memberikan sejumlah catatan, antara lain RUU KIA harus memberikan hak kepada Ibu untuk mendapatkan pendidikan perawatan, pengasuhan (parenting), dan tumbuh kembang anak.

“Sebagaimana telah diatur dalam Pasal 4 ayat (1) huruf i RUU Kesejahteraan Ibu dan Anak merupakan hal yang penting agar ibu dapat menjalankan kewajibannya terhadap anak,” tambah Mufida. 

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut melanjutkan, jika pendidikan yang didapatkan oleh ibu tersebut, tidak diimbangi dengan hal tersebut, hak anak untuk mendapatkan pola asuh yang baik dan mendapatkan kasih sayang dari kedua orang tuanya tidak akan terealisasi secara optimal.

Baca Juga: Puan Maharani Hadiri Operasi Katarak Gratis di Pangkalpinang

Halaman:

Editor: Ali Ibrohim

Sumber: dpr.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BURT Batalkan Pengadaan Gorden Untuk RJA

Kamis, 19 Mei 2022 | 18:49 WIB
X