• Senin, 5 Desember 2022

Tanggung Jawab Tragedi Kanjuruhan, Ketua Panpel dan Security Officer Arema FC Dihukum Seumur Hidup

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 15:30 WIB
Logo Arema FC (Foto: aremafc.com)
Logo Arema FC (Foto: aremafc.com)

KABAR PRIORITAS - Ketua Panpel Arema FC vs Persebaya Surabaya, Abdul Haris dan Security Officer Suko Sutrisno disanksi seumur hidup. Namun, bukan penjara melainkan larangan terlibat dalam sepak bola Indonesia. 

Sanksi tersebut disampaikan Ketua Komdis PSSI, Erwin Tobing melakukan jumpa wartawan terkait insiden Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang pada Selasa, 10 Oktober 2022 dikutip Kabar Prioritas dari laman resmi PSSI.

Keduanya dianggap bertanggung jawab atas insiden di Stadion Kanjuruhan yang menewaskan ratusan suporter Aremania itu.

Baca Juga: Imbas Tragedi Kanjuruhan, Berikut Hukuman Untuk Arema FC

"Saudara Abdul Haris, sebagai Ketua Pelaksana harus bertanggung jawab terhadap kelancaran event besar ini. Dia harus jeli, dia harus cermat dan mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan," tuturnya.

"Kami melihat Ketua Pelaksana tidak menjalankan tugasnya dengan baik dan cermat, dan tidak siap. Gagal mengantisipasi kerumunan orang datang padahal punya steward. Ada hal-hal yang harus disiapkan, pintu-pintu yang seharusnya terbuka, tapi tertutup. Kepada saudara ketua Panitia Pelaksana, Abdul Haris, tidak boleh beraktivitas di lingkungan sepakbola seumur hidup."

Baca Juga: Inilah Pejabat yang Bakal Diperiksa Polisi terkait Tragedi Kanjuruhan

"Kemudian kepada officer atau steward, orang yang mengatur semua keluar masuk penonton pintu semuanya. Siapa itu? security officer Arema FC adalah Suko Sutrisno. Dia bertanggung jawab kepada hal yang harus dilaksanakan tapi tidak terlaksana dengan baik."

"Merujuk pada pasal 68 huruf A, junto pasal 19, junto pasal 141 Komdis PSSI, tahun 2018, saudra Suko Sutrisno sebagai petugas keamanan security officer tidak boleh beraktivitas di lingkungan sepakbola seumur hidup."

Halaman:

Editor: Ali Ibrohim

Sumber: pssi.org

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Daftar Negara Lolos 16 Besar Piala Dunia 2022

Rabu, 30 November 2022 | 06:10 WIB

Inggris Menang Mudah Atas Wales, AS Kalahkan Iran 1-0

Rabu, 30 November 2022 | 06:05 WIB
X