Memasuki 1 Suro, Berikut 5 Keutamaan Puasa Muharram

- Selasa, 26 Juli 2022 | 22:46 WIB
Ilustrasi Muharram (Foto: pikiran rakyat)
Ilustrasi Muharram (Foto: pikiran rakyat)

KABAR PRIRORITAS - Umat Islam telah memasuki pekan terakhir bulan Dzulhijjah. Kalender akan berganti dengan bulan Muharram dengan beragam keutamaan dan kebaikan yang melingkupi. Karenanya, harus menyiapkan diri untuk menyambut bulan istimewa tersebut dengan ibadah terbaik, termasuk puasa.

Mengapa puasa sangat dianjurkan untuk dilakukan di bulan Muharram? Hal tersebut tidak lepas dari keutamaan yang melingkupinya. Karena keutamaan puasa Muharram sangat banyak, yang di antara keunggulannya adalah 5 sebagaimana keterangan berikut:

1. Menjadi puasa yang paling utama

Hal tersebut sebagaimana hadits riwayat Imam Muslim berikut:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللهِ الْمُحَرَّمُ، وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعدَ الفَرِيضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ. (رواه مسلم)


Artinya: Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, ia berkata: Rasulullah SAW bersabda: Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah, Muharram, dan shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat malam. (HR Muslim).

Baca Juga: Apa itu Puasa Arafah? Berikut Penjelasan dan Keutamaan Mengamalkannya

2. Mengisi Bulan Mulia

Bahwa puasa di bulan Muharram termasuk dalam keutamaan berpuasa dalam bulan mulia atau al-asyhurul hurum. Hal tersebut sebagaimana diriwayatkan dalam hadits berikut:

Halaman:

Editor: Ali Ibrohim

Sumber: nu.or.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ada Kebun Dakwah di Yogyakarta, Ini Wujudnya

Minggu, 13 November 2022 | 14:16 WIB

5 Nasihat Bijak Imam Syafi'i Agar Berwibawa

Minggu, 14 Agustus 2022 | 19:16 WIB

Tiga Pelajaran Penting dari Nabi Ibrahim

Senin, 11 Juli 2022 | 08:45 WIB
X