• Senin, 5 Desember 2022

Insiden Stadion Kanjuruhan, Ketua DPP NasDem Okky Asokawati Ingatkan Soal Infrastuktur Kompatibel Mitigasi

- Senin, 3 Oktober 2022 | 15:36 WIB
 Ketua Bidang Infrastruktur DPP Partai NasDem Okky Asokawati.  ( Foto: nasdem.id)
Ketua Bidang Infrastruktur DPP Partai NasDem Okky Asokawati. ( Foto: nasdem.id)

KABAR PRIORITAS,- Meninggalnya ratusan suporter usai pertandingan Arema FC vs Persebaya, Sabtu, 01 Oktober 2022, di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, harus menjadi catatan penting dalam desain infrastruktur publik seperti stadion olahraga.

Audit dan penerapan standard operational procedure (SOP) di infrastruktur publik seperti stadion olahraga mutlak dilakukan.

Ketua Bidang Infrastruktur DPP Partai NasDem Okky Asokawati menyampaikan duka mendalamnya atas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan.

“Kami berduka cita yang sangat mendalam atas tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang. Kita harus memetik pelajaran penting dari tragedi ini agar ke depan tidak terulang,” ujar Okky di Jakarta, Senin, 3 Oktober 2022, seperti dilansir Kabar Prioritas dari situs resmi Partai NasDem.

Baca Juga: Komentari Tragedi Kanjuruhan, Berikut Pernyataan Lengkap Presiden FIFA Gianni Infantino

Menurut Okky, jatuhnya korban meninggal dunia yang jumlahnya besar itu harus dilihat juga dari sisi desain infrastruktur yang kompatibel dalam mitigasi peristiwa darurat seperti yang terjadi di Stadion Kanjuruhan.

“Ada satu hal yang perlu menjadi bahan evaluasi bersama soal desain infrastruktur publik kita, termasuk stadion yang kompatibel dengan proses mitigasi bila dalam situasi darurat,” sebut Okky.

Dia menyebutkan mitigasi dalam merespons bencana erat kaitannya dengan desain infrastruktur yang kompatibel dalam proses mitigasi. Ia menyebutkan keberadaan infrastruktur menjadi salah satu poin penting dalam proses mitigasi.

Baca Juga: Sampaikan Duka Cita untuk Korban Tragedi Kanjuruhan, Presiden Jokowi Minta Liga 1 Dihentikan

“Dalam Pasal 47 ayat (2) huruf b dan c UU No 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, keberadaan tata ruang serta pengaturan tentang pembangunan infrastruktur menjadi salah satu hal penting dalam proses mitigasi bencana,” papar Okky.

Halaman:

Editor: Agus Hariyanto

Sumber: nasdem.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Korban Jiwa Gempa Bumi Cianjur Tembus 268 Orang

Selasa, 22 November 2022 | 21:22 WIB

Kemensos Siapkan Tenda untuk Korban Gempa Cianjur

Selasa, 22 November 2022 | 16:21 WIB

Pemerintah Terus Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik

Senin, 21 November 2022 | 14:46 WIB
X