• Senin, 5 Desember 2022

Diakui Secara Internasional, Jokowi: Kesepakatan FIR Langkah Maju Terhadap Ruang Udara Indonesia

- Jumat, 9 September 2022 | 14:28 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi), saat mengumumkan Peraturan Presiden (Perpres) tentang Pengesahan Persetujuan Flight Information Region (FIR) Indonesia dan Singapura di Kantor Presiden, Kamis, 8 September 2022. (Foto: Tangkapan layar pada akun instagram @jokowi)
Presiden Joko Widodo (Jokowi), saat mengumumkan Peraturan Presiden (Perpres) tentang Pengesahan Persetujuan Flight Information Region (FIR) Indonesia dan Singapura di Kantor Presiden, Kamis, 8 September 2022. (Foto: Tangkapan layar pada akun instagram @jokowi)

KABAR PRIORITAS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, kesepakatan Flight Information Region (FIR) di atas Kepulauan Riau dan Natuna dari Singapura merupakan langkah maju atas pengakuan internasional terhadap ruang udara Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Jokowi, saat mengumumkan Peraturan Presiden (Perpres) tentang Pengesahan Persetujuan Flight Information Region (FIR) Indonesia dan Singapura di Kantor Presiden, Kamis, 8 September 2022.

“Ya jadi kesepakatan ini sudah sangat jelas sekali, ini merupakan langkah yang maju atas pengakuan internasional terhadap ruang udara Indonesia," Ujar Jokowi dalam keterangan pers yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis, 8 September 2022.

Baca Juga: Pentingnya Peran Perguruan Tinggi Islam dalam Pembangunan SDM

Kontrol ruang udara Indonesia dan Singapura ini menjadi masalah bertahun-tahun. Sebelumnya, Singapura memegang sepenuhnya kontrol lalu lintas ruang udara di Kepulauan Riau dan Natuna.

“Ruang udara Indonesia yang berada di atas Kepulauan Riau dan Natuna telah lama dikelola oleh Singapura. Berkat kerja sama semua pihak, saat ini pengelolaan ruang udara di atas Kepulauan Riau dan Natuna kembali kepada NKRI” Ujar Presiden Jokowi.

Jokowi pengungkapkan, kesepakatan ini menambah luasan Flight Information Region (FIR) Jakarta menjadi 249.575 kilometer persegi. Dengan kesepakatan pengelolaan FIR tersebut, menurut Jokowi, selain menegaskan kedaulatan ruang udara Indonesia, juga meningkatkan jaminan keselamatan dan keamanan penerbangan.

Baca Juga: Update Angka Sembuh COVID-19 Per 8 Septermber 2022

“bisa meningkatkan pendapatan negara bukan pajak, juga menjadi momentum untuk modernisasi peralatan navigasi penerbangan dan pengembangan SDM Indonesia” Lanjut Presiden Jokowi.

Untuk diketahui, Perpres yang ditandatangani Presiden Jokowi adalah Peraturan Presiden Nomor 109 Tahun 2022 tentang Pengesahan Persetujuan Flight Information Region (FIR) Indonesia dan Singapura. Perpres tersebut telah diundangkan pada 5 September 2022.***

Halaman:

Editor: Hamrin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Korban Jiwa Gempa Bumi Cianjur Tembus 268 Orang

Selasa, 22 November 2022 | 21:22 WIB

Kemensos Siapkan Tenda untuk Korban Gempa Cianjur

Selasa, 22 November 2022 | 16:21 WIB

Pemerintah Terus Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik

Senin, 21 November 2022 | 14:46 WIB
X