• Sabtu, 25 Juni 2022

Dialog HAM ke 16 Indonesia – Norwegia: Pertemuan Antar Sahabat Membangun HAM

- Kamis, 23 Juni 2022 | 06:03 WIB
Para delegasi yang datang pada Dialog HAM Indonesia dan Norwegia (Foto: KBRI Oslo)
Para delegasi yang datang pada Dialog HAM Indonesia dan Norwegia (Foto: KBRI Oslo)

KABAR PRIORITAS - In​donesia mengajak Norwegia untuk menyuarakan pentingnya keseimbangan pemenuhan hak sipil dan politik dengan hak ekonomi dan sosial budaya dalam pembahasan isu HAM, khususnya di pertemuan multilateral dan global. Hal ini menjadi salah satu isu utama dalam Dialog HAM RI – Norwegia ke-16 di Oslo, 20 – 21 Juni 2022.

“Dialog HAM RI - Norwegia merupakan salah satu dialog HAM bilateral yang paling lama dijalin oleh Indonesia, dan terbukti telah menjadi jembatan kedua negara dalam bertukar good practice dalam membahas HAM yang membangun, seimbang dan beritikad baik," ujar Achsanul Habib, Direktur HAM dan Kemanusiaan Kemenlu RI yang bertindak sebagai Ketua Delegasi RI dilansir Kabar Prioritas dari laman resmi Kementerian Luar Negeri. 

Dubes Todung Mulya Lubis turut menegaskan bahwa Dialog HAM ini juga menjadi elemen penting dalam memperkuat kerja sama bilateral kedua negara.

Baca Juga: Indonesia dan Australia Perkuat Kerja Sama Bilateral di Tiga Bidang

Pernyataan tersebut juga didukung Merete Brattested Ketua Delegasi Norwegia. “Ini adalah dialog antar sahabat, kami senang dialog ini berjalan baik dalam memperkaya pandangan dan memahami lebih dalam kebijakan dan perkembangan di masing-masing negara" tegas Marete.

Dalam pertemuan ke-16 ini, kedua negara berbagi pengalaman dan diskusi konstuktif tentang promosi, pemenuhan, dan pelindungan hak perempuan dan kesetaraan gender serta hak penyandang disabilitas, serta dalam isu-isu terkait bisnis dan HAM, peradilan anak, kebebasan beragama dan berekspresi, serta metode investigative interviewing dan pencegahan penyiksaan.

Delegasi juga membahas khusus isu penanganan anak yang terlibat jaringan terorisme dan kelompok ekstrimis karena menghadapi tantangan yang sama.

Baca Juga: Bertemu PM Singapura, Menhan Prabowo Apresiasi Dukungan Penuh Peningkatan Kerja Sama Pertahanan RI-Singapura

Selain perkembangan HAM di masing-masing negara, delegasi juga membahas isu HAM di tingkat multilateral dan global. Indonesia menekankan pentingnya keseimbangan pemenuhan hak sipil dan politik dengan hak ekonomi dan sosial budaya.

Halaman:

Editor: Ali Ibrohim

Sumber: Kemlu.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X