• Sabtu, 25 Juni 2022

Bangun 61 Bendungan, Kementerian PUPR Dukung Peningkatan Produksi Pangan Nasional

- Minggu, 19 Juni 2022 | 16:32 WIB
Menteri PUPR Basuki saat mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau Bendungan Sindangheula di Kabupaten Serang, Banten (Foto: Humas Kementerian PUPR)
Menteri PUPR Basuki saat mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau Bendungan Sindangheula di Kabupaten Serang, Banten (Foto: Humas Kementerian PUPR)

KABAR PRIORITAS - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melanjutkan penyelesaian pembangunan bendungan hingga tahun 2024 sejumlah 61 bendungan untuk tambahan pasokan air irigasi lahan pertanian di seluruh Indonesia. Hal tersebut menunjang Indeks Pertanaman.

Dengan tambahan suplai air tersebut, Indonesia akan memenuhi ketahanan pangan nasional.

Menteri PUPR mengatakan, kehadiran bendungan di seluruh Tanah Air telah meningkatkan Indeks Pertanaman, sehingga hasil produksi beras secara nasional juga meningkat.

Dalam tiga tahun terakhir, Indonesia surplus beras sekitar 3 juta ton dan tidak impor beras lagi.

“(Kehadiran bendungan) meningkatkan Indeks Pertanaman (IP) yang sekarang ini rata-rata nasional BPS sebesar 147% dengan air irigasi dari 231 bendungan. Dengan adanya tambahan 61 bendungan bisa kita naikkan IP menjadi 200%,” kata Menteri Basuki saat mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau Bendungan Sindangheula di Kabupaten Serang, Banten. 

Baca Juga: Komisi V Minta Kementerian PUPR Bertindak Tegas kepada PT Cahaya Sriwijaya Abadi

Menteri Basuki berharap tambahan 29 bendungan yang sudah tuntas dan 32 bendungan yang masih dalam proyek pembangunan dapat meningkatkan indeks pertanaman menjadi 200%.

Dengan demikian produksi beras nasional dapat mencapai 40 juta ton pada tahun 2045 dan Indonesia bisa surplus beras hingga 10 juta ton.

Salah satu bendungan yang dibangun (2015-2020) adalah Bendungan Sindangheula berlokasi di Kabupaten Serang, Provinsi Banten dengan biaya Rp458,9 miliar dan telah diresmikan pengoperasiannya oleh Presiden Joko Widodo pada 4 Maret 2021.

Halaman:

Editor: Ali Ibrohim

Sumber: pu.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Reshuffle Kabinet Melalui Pertimbangan Matang

Kamis, 16 Juni 2022 | 17:11 WIB
X